Siswa SMK Mekanika Ikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik TV dan Broadcast

Buntet Pesantren (4/3). Tidak kurang sembilan siswa dan siswi SMK Mekanika Buntet Pesantren baru-baru ini mengikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik TV dan Broadcast di Hotel Patra Jasa, Cirebon Sabtu, 1 Maret 2014 dan Ahad, 2 Maret 2014. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh Broadcast Community Indonesia bekerja sama dengan Cirebon TV, Diskominfo, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon. 


Selama dua hari, siswa-siswi SMK Mekanika Buntet Pesantren bersama puluhan peserta lainnya dari kalangan pelajar tingkat SMP, SMA/SMK, mahasiswa, dan umum mendapat pengetahuan teori dan praktik tentang bagaimana menjadi seorang presenter, kameramen, reporter, dan penyiar radio yang baik bukan hanya menarik.

Atusiasme para peserta dalam kegiatan ini cukup besar. Seperti dituturkan Abdul Azis, siswa kelas X Multimedia, "Sangat menambah wawasan saya, karena di sana membahas banyak sekali yang belum saya ketahui." Selain itu, Azis juga mengaku bahwa pembimbing dan peserta pada pelatihan tersebut menyenangkan.

Selama kegiatan pelatihan, para peserta selain mendapatkan pengarahan langsung dari pemateri yang berpengalaman di bidangnya juga langsung mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Para peserta diberi kebebasan untuk memilih keahlian yang ingin dikuasai melalui pelatihan ini. Pilihan yang ada antara lain presenter, kamerawan, reporter, dan penyiar radio. Setelah itu, mereka diberikan tugas khusus sesuai dengan pilihannya masing-masing. Peserta yang memilih keahlian reporter, misalnya, diberikan tugas untuk mengunjungi tempat umum di Kota Cirebon dan mewawancarai pengunjung di tempat tersebut.

Sebagai kelanjutan dari kegiatan ini, peserta pelatihan kelas XII dan dari kalangan mahasiswa dan umum akan diusahakan untuk mengikuti magang di stasiun TV lokal dan nasional. Sedangkan untuk peserta lainnya akan diusahakan untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan lanjutan selama dua sampai enam bulan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »