Aktivitas Pembelajaran di SMK NU Mekanika Berubah Selama Ramadhan


Usai mengadakan Masa Orientasi Siswa, para siswa baru dan lama SMK NU Mekanika Buntet Pesantren sudah mulai aktif belajar terhitung sejak hari Sabtu, 14 Juli 2012. Namun, menjelang Bulan Ramadhan para siswa diliburkan selama 4 (empat) hari sejak tanggal 21 hingga 24 Juli 2012. Mulai hari Rabu yang akan datang (25/7), aktivitas belajar mengajar akan kembali dilaksanakan. Tidak seperti pada hari-hari biasanya, akan terdapat perubahan aktivitas pembelajaran di lingkungan SMK NU Mekanika Buntet Pesantren selama Bulan Ramadhan ini. 

Beberapa perubahan aktivitas pembelajaran ini antara lain pada jadwal waktu mulai pelajaran dan waktu pulang sekolah. Selama Bulan Ramadhan, siswa hanya akan menghabiskan beberapa jam saja di sekolah. Kegiatan pembelajaran di SMK NU Mekanika selama Bulan Ramadhan akan dimulai pada pukul 07.30 WIB. Selanjutnya kegiatan belajar mengajar ini dijadwalkan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Untuk menyiasati perubahan waktu masuk dan waktu pulang ini, alokasi waktu jam pelajaran juga dikurangi.

Sebagai kegiatan tambahan selama Bulan Ramadhan, para siswa SMK NU Mekanika yang tinggal di asrama-asrama yang banyak tersebar di Buntet Pesantren juga menghabiskan waktu mereka untuk mengaji kitab-kitab kuning. Kitab kuning adalah istilah yang dipakai untuk merujuk pada kitab yang dikarang oleh ulama-ulama besar Islam seperti Imam Ghozali. Kegiatan pengajian selama Bulan Ramadhan ini lebih dikenal dengan istilah ngaji pasaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »