SMK Mekanika selenggarakan IHT

Buntet Pesantren (16/12). SMK Mekanika Buntet Pesantren menyelenggarakan in-house training (IHT) bagi para guru pada hari Kamis, 5 Desember 2013 lalu. Training atau pelatihan ini merupakan langkah awal penerapan Education Management Information System (EMIS) di SMK Mekanika Buntet Pesantren. Melalui EMIS ini, pembelajaran dan segala jenis pengelolaan pembelajaran akan terkomputerisasi dan terpusat ke dalam sebuah aplikasi yang terkoneksi dengan sebuah komputer server. 

Acara ini dihadiri oleh Kepala SMK Mekanika H. Fahad A. Sadat, S.E., M.E.Sy., Ketua Komite H. Salman Al-Farisi, S.Pd.I., dan Pengawas dari Diknas Kabupaten Cirebon Asep Suhendi, S.Pd. Dalam sambutannya, baik Kepala Sekolah, ketua komite, maupun pengawas menyambut baik kegiatan pelatihan ini.

Dalam pelatihan ini, guru tidak hanya dikenalkan dengan cara kerja EMIS secara teori, tapi juga dibantu secara personal untuk mengoperasikan EMIS dalam mengelola pembelajarannya. Hal ini sangat penting karena pada praktiknya nanti tiap guru akan diharuskan untuk memasukkan RPP, mengabsen siswa, dan memasukkan bahan ajar ke dalam komputer server melalui aplikasi EMIS ini. 

Tidak hanya mengelola pembelajaran, para guru ini juga dibekali cara membuat e-book menggunakan Adobe InDesign. E-book hasil karya para guru ini nantinya akan dijadikan bahan ajar pada saat pembelajaran. Para siswa/siswi SMK Mekanika juga nantinya akan menggunakan laptop dan tablet yang tersedia di Laboratorium Multimedia untuk mengakses bahan ajar yang disediakan oleh guru dan tersimpan di komputer server. Kegiatan IHT ini dipandu oleh Tim EMIS SMK Mekanika Buntet Pesantren, Muhammad Mubarok dan M. Ilham, S.Pd.I.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »