Pekan Produktif SMK Mekanika Kenalkan Siswa kepada Dunia Kerja

Buntet Pesantren (7/10). Demi mengenalkan siswa kepada dunia kerja, SMK Mekanika Buntet Pesantren menggelar Pekan Produktif. Kegiatan yang sedianya dilaksanakan selama dua hari (5-6 Oktober 2013) hanya dilaksanakan satu hari (5 Oktober 2013). Hal ini berkenaan dengan diadakannya pemilihan kepala daerah di Kabupaten Cirebon pada hari Minggu, 6 Oktober 2013.

Kegiatan yang melibatkan seluruh siswa dari tiga program keahlian ini langsung mengundang para praktisi dan perwakilan dari Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). 

Dalam kegiatan tersebut, Program Keahlian Multimedia mendapat kunjungan dari perwakilan Komunitas Linux Cirebon (Kincir) untuk mengenalkan teknologi open source. Di samping itu, siswa juga ikut terlibat dalam praktik langsung membuat animasi bersama praktisi animasi. Di akhir kegiatan, siswa mendapat materi fotografi digital bersama praktisi fotografi. 

Jika siswa multimedia mendapat kunjungan dari para praktisi, lain halnya dengan siswa program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Sepeda Motor (TSM) yang mendapat kunjungan perwakilan PT. Toyota sebagai dunia usaha.

Dalam kegiatan tersebut, siswa tidak hanya belajar teknis pemeliharaan kendaraan tapi juga belajar tentang memberikan layanan prima kepada pelanggan. Hal ini akan sangat dibutuhkan siswa untuk menghadapai praktik kerja industri untuk jangka pendek dan ketika memasuki dunia kerja yang sesungguhnya untuk jangka panjang.

Tahun ini adalah tahun kedua pelaksanaan pekan produktif yang sudah dijadikan agenda tahunan sekolah. Melalui kegiatan ini, diharapkan gairah dan minat belajar siswa bisa meningkat. Di samping itu, diharapkan juga akan terjalin kerja sama yang lebih baik antara sekolah dengan DU/DI dan para praktisi yang terkait.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »